Mengenal Bagian-bagian Ka’bah yang Sahabat Harus Ketahui

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 01 Februari 2023, 14:22:44

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Ka’bah merupakan bangunan penting dan suci bagi umat Islam di seluruh dunia karena merupakan pusat atau kiblat dalam beribadah shalat kepada Allah. Dalam ibadah haji dan umroh pun diwajibkan untuk melakukan tawaf atau berkeliling kabah sambil memanjatkan doa kepada Allah.

Tidak dipungkiri, di setiap impian Muslim pasti terselip ingin melihat ka’bah dari dekat. Pengalaman tersebut sudah terbukti menggetarkan hati setiap muslim yang sudah mengunjungi ka’bah. Faktanya, ka’bah memiliki bagian-bagian yang mempunyai arti tertentu. Ingin tahu apa saja bagian-bagian ka’bah lengkap dengan sebutan dan keutamaannya? Yuk, kita kunjungi melalui artikel ini.

Hajar Aswad

Batu hitam yang terletak di sebelah timur kabah ini sangat dikenal oleh setiap umat Islam di seluruh dunia. Konon, awalnya batu ini berwarna putih dan dipercaya berasal dari surge. Hal tersebut diperkuat oleh penelitian ilmuwan bahwa material hajar aswad mengandung material yang tidak terdapat di bumi. Hajar aswad menjadi berwarna hitam sejalannya waktu dikarenakan dosa-dosa manusia.

Biasanya, umat Islam dalam melakukan tawaf berusaha untuk mencium batu tersebut. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukannya, sahabat bisa memberikan salam pada hajar aswad dengan menyentuhnya atau memberikan isyarat dengan tangan atau jari.

hajar aswad

Maqam Ibrahim

Tempat inii bukan merupakan makam Nabi Ibrahim. Maqam dalam Bahasa Arab diartikan dengan tempat berpijak atau pijakan. Maqam Ibrahim ini merupakan tempat berpijaknya Nabi Ibrahim sewaktu membangun kembali pondasi ka’bah. Sahabat dianjurkan untuk melakukan shalat di belakang Maqam Ibrahim.

maqam ibrahim

Hijir Ismail

Jika sahabat berada di sebelah utara ka’bah, maka sahabat akan menemukan suatu pondasi setengah lingkaran. Pondasi tersebut dinamakan Hijir Ismail. Sejarah menyebutkan bahwa Hijir Ismail  dulunya merupakan tempat tinggal Nabi Ismail. Sahabat dianjurkan untuk shalat di Hijir Ismail. Shalat di Hijir Ismail keutamaannya sama dengan shalat di dalam Ka’bah karena sejatinya, Hijir Ismail merupakan bagian dari kabah.

hijir ismail

Mizab Ar-Rahman

Merupakan talang air terbuat dari tembaga yang dilapisi emas. Tempat ini merupakan tempat kegemaran para Jemaah karena jika berdoa di bawah Mizab akan mustajab. Intinya, Mizab Ar-Rahman merupakan salah satu tempat mustajab dalam berdoa.

mizab ar rahman

Multazam

Termasuk salah satu tempat yang paling dipadati oleh jamaah dalam berdoa. Berlokasi di antara Hajar Aswad dan pintu ka’bah, Multazam merupakan bagian dari dinding luar ka’bah.

multazam

Rukun Yamani

Dinamakan Yamani karena tempat ini menghadap ke arah Yaman. Terletak di sisi barat daya ka’bah, jamaah dianjurkan untuk mengusap Rukum Yamani namun tidak diisyaratkan untuk menciumnya.

ruqun yamani.jpg

Rukun Al Iraqi

Terletak di bagian tenggara Iraq, Rukun Al Iraqi merupakan tempat yang memiliki keutamaan sama dengan rukum Yamani.

iraqi

Nah, kini sahabat sudah mengenal nama-nama sudut kabah beserta dengan keutamaannya. Kami doakan sahabat segera bisa mengunjungi kabah segera. Agar sahabat lebih bersemangat dalam menjemput undangan Allah, silakan hubungi kami untuk mengetahui detail dan paket-paket yang bisa sahabat rencanakan dari sekarang.

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id