2023, Hanya Sekitar 80% Jemaah yang Melakukan Pelunasan Tahap 1

Kategori : Berita, Ditulis pada : 03 April 2023, 22:37:40

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Musim haji akan segera datang dengan masuknya bulan mulia Ramadan. Tentu saja para penyelenggara ibadah haji tidak henti-hentinya mengingatkan calon Jemaah haji untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk soal biaya.

Saat ini, info dari Kementerian Agama (Kemenag), total yang mendaftar haji tahun 2023 berjumlah 16.305 calon Jemaah. Namun, hingga saat ini yang melakukan pelunasan tahap 1 hanya berjumlah 2.273 jemaah. Total keseluruhan yang melakukan pelunasa berjumlah 13.181 calon Jemaah atau sekitar 80% saja.

Mengapa terjadi hal tersebut? Kita tidak bisa memastikan hal tersebut karena alasannya bermacam-macam. Terlebih jika alasannya adalah factor finansial. Jika factor finansial yang menjadi batu sandungan Jemaah untuk melakukan pelunasan, maka porsi calon Jemaah tersebut akan diganti oleh calon Jemaah lain. Dan masih bisa berangkat tapi di tahun berikutnya.

Salah satu factor lainnya adalah kegagalan sistem atau kesalahan sistem. Jika ini terjadi pada sahabat, jangan khawatir, sahabat masih bisa melakukan pelunasan pada tahap kedua yaitu pada tanggal 5-10 April 2023.

Kegagalan sistem yang dimaksud adalah meliputi;

  1. Kegagalan proses pelunasan akibat gangguan jaringan Siskohat dan/atau BPS Bipih Khusus;
  2. Jemaah Haji Khusus yang masuk alokasi pelunasan tahap pertama tidak terambil datanya;
  3. Jemaah Haji yang sulit dihubungi karena hambatan komunikasi dan/atau geografis;

Pelunasan haji khusus tahap kedua juga akan difokuskan bagi jemaah haji khusus dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pendamping jemaah haji khusus lanjut usia.
  2. Jemaah haji khusus yang terpisah dari mahram atau keluarga.
  3. Jemaah haji khusus penyandang disabilitas yang telah memiliki Nomor Porsi dalam jangka waktu paling singkat 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal 13 Februari 2023 dan pendampingnya.
  4. Jemaah haji khusus pada urutan berikutnya yang telah memiliki Nomor Porsi dalam jangka waktu paling singkat 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal 13 Februari 2023

Apa pun itu hambatannya, Arfa selalu mendoakan sahabat agar proses berangkat haji sahabat dipermudah dan dijauhkan dari rintangan-rintangan yang menghambat.

Sahabat dapat melihat paket haji dan umroh murah yang Arfa sediakan untuk sahabat. Jika sahabat berdomisili di sekitar tangsel dan Bintaro, silakan untuk mengunjungi Arfa yang akan selalu siap membantu sahabat dalam memenuhi panggilan Allah. In Sha Allah.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id