6 Hal yang Sahabat Tidak Boleh Lakukan di Masjidil Haram, Hukumannya Bisa Dibui!

Kategori : Tips, Ditulis pada : 30 Maret 2023, 21:02:30

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Memang, menginjakkan kaki di tanah suci untuk beribadah haji dan umroh merupakan idaman semua umat Islam di seluruh dunia. Pengalaman spiritual yang dilalui banyak menorhkan cerita-cerita yang dapat membuat pelakunya ingin Kembali lagi ke tanah suci.

Namun, sahabat perlu ketahui, ternyata ada beberapa aturan dari Saudi yang tidak boleh dilanggar ketika sedang beribadah haji di tanah suci. Hukumannya tidak main-main. Bisa dikenakan sanksi kurungan. Apa saja pelanggaran tersebut? Mari kita telusuri, dan jangan kaget. Pelanggaran nomor dua paling banyak dilakukan oleh Jemaah asal Indonesia.

  1. Sibuk membuat video berdurasi Panjang

Sebenarnya, pihak keamanan Saudi tidak keberatan jika Jemaah haji atau umroh mengabadikan momen berharga tersebut dalam bentuk gambar atau video. Namun, jika pengambilan video dilakukan dalam waktu yang lumayan lama, pihak keamanan akan mencurigai aktivitas tersebut.

Begitu juga dengan pengambilan foto. Biasanya pihak keamanan Saudi cukup ketat dalam mengawasi aktivitas penga,bilan foto, namun tak jarang juga pihak keamanan Saudi melonggarkan pengawasan mereka.

  1. Membawa spanduk dan membetangkannya

Nah, Jemaah Indonesia paling sering nih melakukan hal seperti ini. Pihak keamanan Saudi melarang untuk membentangkan spanduk sponsor perjalanan haji atau bendera asal Jemaah. Mungkin alasannya karena ibadah haji dan umroh tidak mengenal perbedaan negara ya sahabat?

  1. Berkerumun diatas lima orang

Untuk hal yang satu ini pihak keamanan Saudi cukup ketat mengaturnya. Alasannya karena akan menghambat mobilitas Jemaah lainnya, juga bisa menimbulkan kecurigaan. Hal tersebut merupakan bukti bahwa pihak keamanan Saudi benar-benar menjaga keamanan Jemaah. Mereka tidak mau terjadi hal-hal seperti penyerangan atau aktivitas yang dapat menghambat ibadah haji dan umroh atau mencelekai Jemaah lainnya.

  1. Mengakui barang orang lain (temuan)

Di area masjid terdapat ratusan CCTV yang dipantau setiap saat. Jadi jangan sekali-kali mencoba mengambil barang yang mungkin tertinggal oleh pemiliknya. Mungkin niatnya baik, ingin meneruskan barang tersebut ke pihak keamanan, namun hal tersebut dapat dicurigai oleh pihak keamanan. Lebih baik segera menghubungi pihak keamanan agar mereka yang langsung mengurus barang tersebut.

  1. Merokok

Aduh¸ untuk hal yang satu ini memang seharusnya dilarang keras ya sahabat. Selain asapnya yang dapat mengganggu, aktivitas merokok juga merupakan perbuatan yang sangat tidak dianjurkan ketika sedang beribadah haji dan umroh. Arfa menyarankan untuk sahabat yang perokok untuk mengatasi kecanduan rokok mereka sebelum berangkat haji dan umroh.

  1. Buang sampah sembarangan

Tanah suci dijaga kebersihannya karena merupakan rumah Allah. Apa jadinya jika ada Jemaah yang seenaknya membuang sampah sembarangan?

Nah, sahabat sudah mengetahui hal yang dilarang ketika sedang haji atau umroh ya. Arfa ingin mengingatkan sahabat yang berlokasi di tangsel atau sekitaran Bintaro untuk melihat paket haji murah yang Arfa adakan untuk sahabat. Semoga sahabat dapat berangkat sesegera mungkin. Aamiin.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id