Tangsel Punya Tempat Manasik Haji Sekaligus Tempat Wisata Religi. Fasilitasnya Menarik

Kategori : Berita, Ditulis pada : 19 Maret 2023, 11:46:50

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Seperti yang Arfa sudah beritakan di artikel sebelumnya, bahwa sahabat yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan atau sekitarannya termasuk Bintaro, dapat menikmati manasik haji dan umroh dengan mudah tanpa perlu jauh-jauh datang ke asrama haji Pondok Gede.

Tempat seluas 2,5 hektar tersebut sudah resmi dibuka walau pun pemerintah kota Tangerang masih akan mengembangkan fasilitas-fasilitas lainnya. Penasaran ingin tahu seperti apa sih interior dalamnya tempat tersebut? Yuk kita telusuri.

Area Luas

Dibangun di atas area seluas 2,5 hektar dimaksudkan untuk wahana replica haji seperti kabah, sa’i, arafah, mudzdalifah bahkan sampai ke area jamarot. Berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, KM 1,5, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, bagi sahabat yang dekat dengan lokasi tersebut dapat mengunjungi Al Mahmudah Training Manasik Center (ATMC).

Area Thawaf Dapat Menampung 1.800 Pengunjung

Area thawaf memiliki kapasitas yang cukup besar untuk melakukan latihan thawaf. Kabah replica dibangun dengan marmer dan disesuaikan semuanya dengan yg aslinya, perbandingannya 1:2 dengan kabah aslinya.

Replika Sa’i

Selain replika kabah, terdapat pula replika Sa’i sepanjang 47 meter. Untuk skala perbandingan dengan sa’i aslinya di mekkah sekitar 1:10. Yang menarik, terdapat pula replika bukit Shafa dan Marwah.

Area Jumrah Luas

Replika jumrah di ATMC juga memiliki tiga tiang yaitu Jumrah, Wushta dan Aqabah. Diperkirakan luasnya sekitar 303 meter persegi.

Kapasitas Keseluruhan

Kapasitas keseluruhan ATMC diperkirakan dapat mencangkup hingga 3.000 pengujung. Saat ini, untuk pengunjung masih dibatasi sekitar 700 sampai seribu pengunjung karena alasan protokol Kesehatan.

Teater Film Indonesia

ATMC memang diperuntukan untuk edukasi soal haji dan umroh, terbukti di tempat ini terdapat teater film anak bangsa berupa animasi berjudul Jojo and Friends.

Tempat Wisata

selain untuk manasik haji dan umroh. ATMC juga diperuntukan untuk wisata religi. Pengujung diharuskan untuk membeli tiket reguler agar dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya. Bagi sahabat yang sudah pernah menunaikan haji dan umroh, diharapkan dengan hadir ATMC di kota Tangerang dapat mengobati kerinduan Jemaah akan tanah suci.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id