Keutamaan Hijr Ismail, Shalat di Dalamnya Seperti Shalat di Dalam Ka’bah

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 15 Februari 2023, 14:35:39

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Umat Islam di seluruh penjuru dunia tentu sudah tahu tentang Hijr Ismail. Tempat setengah lingkaran yang terletak di luar ka’bah tersebut menjadi tempat perebutan umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah umroh dan haji.

Sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru”.

Karena keutamaannya seperti yang disebutkan hadits tersebut, tidak mengherankan bahwa Hijr Ismail selalu menjadi sorotan utama. Namun seperti apa sejarah Hijr Ismail yang memiliki keutamaan jika shalat di dalamnya seperti shalat di dalam ka’bah? Sekilas informasi mengenai Hijr Ismail yang bisa sahabat simak.

Hijr Ismail Secara Singkat

Awalnya, Nabi Ibrahim membangun hijr sebagai tempat berteduhnya Siti Hajar dan Nabi Ismail. Kala itu pondasinya hanya sebatas batu dan atapnya terbuat dari dedaunan. Jadi sebenarnya Hijr Ismail dulunya juga merupakan kamar bekas Nabi Ismail.

Kenapa bekas kamar Nabi Ismail tidak dimasukkan saja ke dalam ka’bah? Jadi ka’bah sendiri mengalami pemugaran oleh kaum Quraisy tahun 606 Masehi, tepatnya saat Rasullah berusia 35 tahun. Saat itu, untuk memugar ka’bah dilakukan secara kolektif dengan cara dipilih dari dana yang baik-baik saja. Hal tersebut menyebabkan proyek pemugaran ka’bah mengalami kekurangan bahan. Akhirnya, panjang tembok sisi timur, barat dan utara bertambah menjadi kira-kira 3 meter menjadi 8,5 meter. Tiga meter tersebut tetap menjadi bagian dari ka’bah.

Hijr Ismail juga mengalami perombakan beberapa kali. Pada tahun 104 Hijriah, Abu Ja’far Manshur melakukan perbaikan dengan memasang marmer. Hijr ismail yang sahabat lihat saat ini merupakan hasil dari beberapa kali perombakan.

Keistimewaan Hijr Ismail yang terkenal adalah jika sahabat shalat di dalamnya sama seperti shalat di dalam ka’bah. Ingin mengunjungi dan shalat di Hijr Ismail? Segera hubungi Arfa Tour yang siap menjaga amanah Jemaah agar sampai ke Baitullah.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id