Misi Saudi di 2023 Untuk Musim Haji dan Umroh

Kategori : Berita, Ditulis pada : 24 Maret 2023, 21:24:27

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Kita semua tahu bahwa Saudi sedang menuju digitalisasi dalam semua sektor. Tak terkecuali pelayanan haji dan umroh. Jika tahun-tahun sebelumnya Saudi masih mengemban sistem konvensional dalam layanan haji dan umroh, namun di tahun 2023 ini Saudi sudah menargetkan sebesar 3.500 layanan sektor publik yang harus “ter-digitalisasi”.

Sektor yang paling diincar adalah kunjungan wisatawan asing, termasuk sektor haji dan umroh. Saudi menargetkan untuk sektor ini sebanyak 30 juta orang pertahun. Angka yang memang lumayan banyak. Namun angka tersebut bisa saja tercapai dengan sistem digitalisasi karena semua orang dari mana pun dapat mendaftar untuk haji dan umroh.

Memang, tidak dipungkiri digitalisasi memudahkan semua aspek, terbukti dengan digitalisasi visa umroh, banyak yang mendaftar karena lebih mudah, cepat, harga bisa dipantau, intinya lebih ringkas dan tanpa ribet serta menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Semua berkat digitalisasi.

Lalu, bagaimana dengan pendaftaran umroh dan haji? Tentu saja Saudi akan menggunakan digitalisasi tersebut. Salah satunya adalah Maqam yang sebagai tulang punggung digitalisasi pendaftaran umroh sudah mulai beroperasi. Walau pun sistem tersebut masih diperlukan banyak perbaikan namun Saudi terus bekerja untuk menyempurnakan Maqam.

Sistem lainnya yang diluncurkan yaitu Nusuk. Dengan klaim sebagai sistem garis depan, Nusuk digadang dapat melayani lini B2B dan B2C via rekan. Dan Nusuk mempunyai layanan terbaru yaitu semua visa ke Saudi dapat dipakai juga untuk umroh.

Mengapa Saudi menggunakan sistem digital untuk layanan haji dan umroh? Sahabat ingat tulisan di atas yang menerangkan bahwa target Saudi sebanyak 30 juta orang pertahun? Ini bisa tercapai dengan bantuan teknologi. Saat ini sistem daring memegang peranan penting dalam hamper semua sektor bisnis dan jasa. Terutama layanan haji dan umroh.

Dengan mengikutinya Saudi dan menggandeng teknologi sebagai basis layanan jasa mereka, maka ini merupakan angin segar untuk travel-travel haji dan unroh di tanah air. Sudah tentu pihak penyelenggara layanan haji dan umroh tanah air lebih mudah dalam melayani calon Jemaah.

Paket-paket haji dan umroh murah pun dapat direalisasikan dengan mudah karena tidak perlu birokrasi yang berbelit-belit dengan sistem digitalisasi. Arfa berharap sahabat bisa dengan mudah berangkat ke tanah suci segera dan melakukan ibadah dengan tenang dan nyaman karena kebutuhan berangkat sahabat Arfa yang urus.

Silakan sahabat cek paket umroh dan haji murah terbaru yang Arfa lampirkan pada laman website kami. Hubungi kami kapan pun sahabat butuh, kami siap menjawab semua kebutuhan keberangkatan sahabat dan menjaga amanah yang sahabat sampaikan kepada kami. Mari berangkat umroh dan haji Bersama Arfa Tours. Aamiin.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id