Tarawih di Masjidil Haram Berapa Rakaat? Ini Faktanya

Kategori : Berita, Ditulis pada : 11 April 2023, 21:52:56

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Tarawih merupakan shalat sunnah di bulan Ramadan. Pahala ibadah ini juga terbilang besar dan dianjurkan setiap muslim yang melaksanakan puasa di siang harinya untuk mengerjakan shalat tarawih. Di Indonesia sendiri tarawih merupakan aktivitas yang ditunggu oleh beberapa orang yang berpuasa di siang hari.

Di tanah air, jumlah rakaat shalat tarawih terbagi menjadi dua yaitu ada yang mengerjakan 23 rakaat dan ada yang mengerjakan 11 rakaat. Biasanya 20 rakaat tarawih dan dilanjut dengan witir sebanyak 3 rakaat.

Semua muslim pasti mengetahui keutamaan tarawih yang ditutup dengan witir ini. Terlebih jika sahabat mengerjakan shalat tarawih di tanah suci. Selain suasananya yang berbeda dengan di tanah air, keutamaan mengerjakan shalat di masjidil haram juga mendapat ganjaran pahala yang amat besar.

Lalu, seperti apa dan berapa jumlah rakaat tarawih di tanah suci? Di tahun sebelumnya, tarawih di masjidil haram berjumlah 20 rakaat dan ditutup dengan 3 rakaat witir, jadi total ada 23 rakaat. Namun di tahun 2023 ini masjidil haram menggelar shalat tarawih dan witir hanya berjumlah 11 rakaat. 8 rakaat tarawih dan 3 witir.

Rasullah sendiri mengerjakan shalat tarawih dan ditambah witir menjadi 13 rakaat. Hadits riwayat Aisyah menyatakan Rasulullah Saw mengerjakan sholat sebanyak 11 rakaat. Namun, Aisyah tidak secara tegas mengatakan bahwa 11 rakaat itu adalah sholat tarawih sebagai berikut.

كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى رَمَضَانَ، فَقَالَتْ: مَا كَانَ يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ، وَلاَ فِى غَيْرِهَا عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً

Bagaimana sholat Rasulullah Saw di bulan Ramadhan? Aisyah menjawab, “Beliau tidak pernah menambah, baik di bulan Ramadhan atau selainnya dari sebelas rakaat.”

Mengapa rakaat shalat tarawih dikurangi di masjidil haram? Pihak masjidil haram belum memberikan keterangan resminya dalam mengurangi jumlah rakaat tarawih tersebut, namun di tahun 2023 ini Jemaah umroh sangat banyak terutama di bulan suci Ramadan. Karena banyaknya Jemaah tersebut mungkin pihak masjidil haram berinisiatif mengurangi rakaat yang tadinya 23 menjadi 11 rakaat agar semua Jemaah dapat mengikuti shalat tarawih dan witir sampai kelar.

Sahabat ingin juga merasakan pengalaman tarawih dan witir di masjidil haram? Tidak lupa Arfa mengingatkan untuk melihat paket umroh murah daerag Tangsel yang terdapat di website Arfa. Sahabat tidak perlu khawatir karena Arfa sudah mengantongi izin dari kemenag sebagai penyedia layanan haji dan umroh Indonesia. Yuk, Arfa tunggu kunjungan sahabat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id