Benarkah Pakaian Berjahit Tidak Diperbolehkan Saat Berhaji? Ini Alasannya

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 06 Februari 2023, 21:48:56

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Ibadah haji memang diwajibkan bagi seluruh muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Mengunjungi ka’bah tidak dipungkiri lagi memang impian semua umat islam di dunia. Di kota suci Mekkah, umat Islam dapat menjalankan ritual haji sesuai syariat yang dibawa turun temurun dari para nabi.

Bayangkan sahabat melihat langsung ka’bah dan berdoa memohon ampunan Allah di depannya. Melaksanakan shalat di mejis Nabawi dan tempat-tempat bersejarah lainnya membuat emosional dan spiritual sahabat semakin kuat. Namun, salah satu syarat haji adalah tidak diperbolehkannya memakai pakaian yang dijahit. Apa maksudnya? Yuk, kita telusuri.

Ihram Tidak Diperkenankan Memakai Pakaian Berjahit

Saat sahabat melaksanakan ihram, tidak diperkenankan untuk menggunakan pakaian/busana berjahit. Artinya, bukan pakaian yang ada jahitannya. Namun tidak dibolehkan menggunakan kain/pakaian yang dijahit menyerupai bentuk tubuh. Seperti dalil berikut ini:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنْ الثِّيَابِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَلْبَسُ الْقُمُصَ وَلَا الْعَمَائِمَ وَلَا السَّرَاوِيلَاتِ وَلَا الْبَرَانِسَ وَلَا الْخِفَافَ إِلَّا أَحَدٌ لَا يَجِدُ نَعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ

“Dari Abdullah bin Umar Ra. bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, “wahai Rasulullah, pakaian apa yang seharusnya digunakan oleh orang yang sedang berihram (haji atau umrah)?” Rasulullah bersabda, “tidak boleh mengenakan gamis (kemeja), serban, celana panjang, peci (kopiah) dan sepatu kecuali bagi yang tidak mendapatkan sandal, maka dia boleh mengenakan sepatu.” (Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Sahih Bukhari, juz 2 hal 137)

Hikmah Dibalik Larangan Pakaian Berjahit saat Ihram

Sebenarnya ada maksud tertentu tentang pelarangan pakaian berjahit saat ihram, diantaranya adalah:

Menunjukkan ketinggian derajat ketwadukannya kepada sang pencipta yaitu Allah. Pakaian ihramyang tidak dijahit merupakan simbol manusia tidak mempunyai apa-apa selain kain yang menutupi aurat mereka.

Hal ini juga menunjukkan bahwa manusia saat dilahirkan tidak mengenakan pakaian apa-apa. Begitu juga dengan pakaian ihram.

Selain itu, pakaian ihram sebagai symbol pengingat manusia akan kondisi di padang masyar kelak. Mereka tidak membawa harta benda duniawi sedikit pun.

Nah, sahabat sudah mengetahui maksud dibalik pakaian ihram yang tidak boleh dijahit. Kami doakan semoga sahabat yang belum pernah menjalani ibadah haji dan umroh agar bisa segera menjadi tamu Allah. Arfa tours siap menjaga amanah sahabat dengan mengantarkan sahabat menjadi tamu Allah. Aamiin.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id