Kisah Ibu Jauharoh, Haji Sudah Ratusan Kali

Kategori : Berita, Ditulis pada : 06 April 2023, 21:54:57

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Kali ini Arfa ingin menceritakan pengalaman luar biasa seorang ibu bernama Hj. Jauharoh Said. Beliau diberi keistimewaan yaitu berkesempatan menjadi tamu Allah sebanyak ratusan kali. Semua umat Islam di seluruh dunia yang mendengar kiah beliau pasti ingin mengalami hal yang serupa, bukan?

Awalnya pada tahun 2001, beliau menjadi pembimbing haji. Saat itu KBIH masih terhitung jari keberadaannya. "Sebelum saya mulai menjadi pembimbing ibadah haji pada tahun 2001, saya sudah pernah berhaji dua kali. Saat itu KBIH masih sedikit sekali, belum seperti sekarang. Dari pengalaman saya, jumlah petugas dari pemerintah  dengan jumlah jemaah di tiap kloter sebenarnya masih sedikit jumlahnya. Butuh pembimbing yang membantu jemaah selama prosesi rangkaian ibadah haji," jelas beliau.

"Yang berangkat haji itu macam-macam orangnya. Tidak semuanya bisa ngaji, tidak semuanya ngerti agama. Kami mengajarkan jemaah haji yang mana rukun haji, yang mana sunnah yang mana wajib sehingga jemaah haji bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar," terang wanita yang mulai merintis usaha KBIH nya ini dengan cara door to door.

Berbekal pengalaman tersebut, bersama almarhum suaminya, beliau berteka memberikan bimbingan haji untuk pria dan wanita. "Meskipun saya wanita, tapi saya membimbing semua jemaah saya tanpa membeda-bedakan," ujarnya

Menurutnya keberadaan pembimbing wanita sangat bermanfaat bagi jemaah haji wanita. "Mungkin di sana nanti ada jemaah yang datang bulan, menjaga mahram, kita membimbing adab kesucian mereka," terangnya.

Beliau juga menuturkan bahwa profesi yang digelutinya selalu diuji oleh Allah sebelum dan sesudah keberangkatan. Ia menuturkan meskipun sudah berkali-kali menjadi tamu Allah namun dalam setiap keberangkatannya selalu saja ada ujian. "Kalau istilah jawanya, gak pinter-pinter. Selalu saja ada masalah. Namanya saja mengharap surganya Gusti Allah. Pasti tidak mudah," tutur wanita yang pernah mengajar di sebuah SMP Negeri ini.

Dari pengalamannya selama ini yang paling membutuhkan perjuangan adalah melayani jemaah yang sakit atau sudah tua tanpa pendamping. "Kalau musim haji sebelum-sebelumnya banyak jemaah usia 70 tahun ke atas. Itu butuh layanan ekstra karena kita harus sabar dan perhatian penuh," terangnya.

Wah, sungguh pengalaman yang sangat berharga ya sahabat. Arfa juga tidak lupa mendoakan agar sahabat mendapat pengalaman yang serupa dengan beliau. Tidak bosan-bosan Arfa mengingatkan sahabat untuk melihat paket-paket haji dan umroh murah dan aman Arfa yang terdapat pada website ini.

Arfa menjamin keamanan karena Arfa sudah terdaftar di Kemenag dan berpengalaman dalam membimbing haji dan umroh. Arfa tunggu kedatangan sahabat. Semoga sahabat dimudahkan oleh Allah dalam menjawab panggilan-Nya ke tanah suci. Aamiin.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id