Waduh! Harga Hotel di Arab Saudi Mengalami Lonjakan 300 Persen. Penyelenggara Haji & Umroh Menghadapi Tantangan

Kategori : Berita, Ditulis pada : 04 Februari 2023, 09:19:41

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Walaupun pandemi Covid-19 sudah mendekati akhir, namun dampaknya masih terasa hingga saat ini. Kita tentu ingat bagaimana di trahun 2019 – 2021 pandemi Covid-19 menghantam semua lini dan sektor bisnis. Tidak terkecuali kehidupan sosial terkena langsung dampaknya. Kita tentu juga masih ingat dengan adanya pembatasan berjarak dan himbauan untuk tidak keluar rumah selama pandemi berlangsung.

Himbauan tersebut tentu saja juga berpengaruh dalam hal ibadah. Masjid-masjid menjadi kosong karena orang-orang dianjurkan untuk beribadah di rumah. Hal tersebut dilakukan agar penambahan pasien Covid-19 dapat ditekan. Bagaimana dengan ibadah haji dan umroh? Tentu saja mengalami hal yang serupa. Namun, bukan hal tersebut intinya. Imbasnya, pada Desember tahun 2022, para pelaku usaha hotel di Arab Saudi menaikan tarif hotel sebanyak 300%.

Dampak Kenaikan Hotel Pada Jamaah

Kalau kita berbicara tentang dampak kenaikan tersebut pada jamaah akan muncul pertanyaan: jika jamaah sudah booking tempat dan tiket pesawat sebelum kenaikan tersebut terjadi apakah tetap berangkat haji atau umroh? Pertanyaan yang sulit untuk para pelaku usaha haji dan umroh.

Di satu sisi para pelaku haji dan umroh harus menurunkan standar layanan dan fasilitas mereka, atau menaikan tarif layanan mereka. Pilihan yang sama-sama tidak nyaman untuk dilakukan. Namun sahabat tidak perlu khawatir, Arfa tour tetap menjaga amanah dengan memberangkatkan jamaah.

Faktor yang Memengaruhi Kenaikan Tarif

Perang Rusia-Ukraina juga merupakan faktor yang menjadikan tarif hotel di Arab Saudi mengalami lonjakan tajam. Setelah tarif pesawat yang naik, sekarang tarif hotel mengikuti. Alasan vendor-vendor hotel menaikan tarifnya karena untuk menutupi kerugian yang terjadi pada masa pandemic, selain itu kurs juga mengalami kenaikan menjadi faktor terpenting akibat terjadinya perseteruan Rusia-Ukraina.

Tetap Amanah

Tentu saja Arfa tour mempunyai banyak solusi dan strategi untuk mengantisipasi hal tersebut. Kami tetap amanah mengantarkan sahabat untuk beribadah umroh dan haji. Sahabat tidak perlu cemas dan dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. Semoga Allah memberikan jalan keluar dan menjaga kita semua. Aamiin.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id