Mengunjungi Thaif, Kota Dengan Sebutan Surga Kecil di Tengah Gurun Saudi

Kategori : Tips, Ditulis pada : 07 Februari 2023, 22:07:11

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Arab Saudi tentu saja menjadi negara destinasi yang penting untuk umat islam beribadah. Di negara tersebut seperti yang sahabat telah ketahui terdapat berbagai macam situs-situs penting untuk muslim seluruh dunia. Apalagi kalau bukan ka’bah? Jangan lupakan juga dengan masjid nabawi.

Tentu sahabat dan seluruh umat islam sudah mengenal tempat-tempat tersebut dengan baik walau pun ada beberapa di antara sahabat yang belum pernah mengunjungi Arab Saudi. Namun, tahukah sahabat jika di tengah gurun Arab Saudi terdapat kota kecil dengan sebutan surga kecil di tengah gurun? Mari kita kunjungi.

Kota itu Bernama Thaif

Terletak di wilayah barat Saudi, di lembah pegunungan Asir dan pegunungan Al Hada sekitar 67 kilometer dari kota Mekkah, Thaif merupakan rumahnya bagi ekosistem bunga mawar saat musim semi tiba. Sepanjang kota akan dipenuhi oleh bunga-bunga mawar yang harum dan mekar seakan memang sengaja untuk menghias kota Thaif.

Karena cuaca yang mendukung untuk pertumbuhan bunga mawar, kota Thaif kerap dijuluki juga dengan kota mawar. Bahkan Thaif juga dibuka untuk wisatawan asin dan umum. Setiap musim semi, penduduk Thaif memetic bunga mawar yang sedang bermekaran, sahabat bisa mengendus aroma wangi bunga tersebut ketika sedang dipetik.

Manfaat Air Bunga Mawar Thaif

Kurang lebih sekitar 300 juta bunga yang bisa dipetik oleh penduduk Thaif saat musim semi. Hasil petikan tersebut biasanya akan disuling dan diproduksi untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya adalah minyak wangi yang emmang sudah terkenal aromanya oleh para jamaah haji dari seluruh dunia.

Hasil penyulingan bunga mawar tersebut juga dimanfaatkan untuk olahan industry kosmetik dan kuliner. Bahkan hasil penyulingan yang berupa air mawar digunakan untuk prosesi pencucian ka’bah tiap tahunnya.

Jika sahabat mengetahui, selama musim haji penutup ka’bah atau kiswah ditaburi oleh bunga-bunga mawar hasil panen dari Thaif.

Penasaran bukan, sahabat? Selain bunga mawar, kota Thaif juga dikenal dengan sumber alam yang lain seperti delima, buah ara dan madu.

Jadi ingin mengunjungi Thaif ya sahabat? Jika sahabat ingin mengunjunginya silakan hubungi kontak Arfa tours yang akan memberikan informasi penjelasan soal wisata religi kepada sahabat.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id