8 Bagian Dalam Ka’bah yang Perlu Sahabat Tahu, yuk Kita Intip

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 09 Februari 2023, 22:27:31

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Sudah bukan keanehan lagi jika Ka’bah merupakan bangunan yang sangat ingin dikunjungi oleh seluruh umat islam. Kaum muslimin di seluruh dunia sangat mendambakan bisa untuk melihat ka’bah dari dekat. Apalgi jika diizinkan masuk ke dalam ka’bah, tentu sangat bahagia dan bersyukur, bukan?

Nah, dalam artikel kali ini, Arfa ingin mengajak sahabat untuk mengenal 8 bagian dalam ka’bah yang penting untuk setiap umat islam mengetahuinya. Mari, kita berkunjung.

  1. Pintu Ka’bah

Jangan kaget jika pintu ka’bah terlihat sangat silau. Terbuat dari 280 kg emas murni, pintu ka’bah merupakan rancangan dan dibuat ulang pada masa Raja Khalid tepatnya pada akhir tahun 1970-an.

  1. Kunci Pintu Ka’bah

Sering melihat kunci pintu ka’bah di mesin pencari daring? Kunci pintu ka’bah dipegang di tangan wakil Wali Ka’bah, Syaikh Abdul Malik bin Taha Al Shaibi, asisten Ketua Syaikh Shalih Al Shaibi dan diwariskan secara turun temurun.

  1. Bab Al Tawbah

Jika sahabat pernah melihat video bagian dalam ka’bah, maka sahabat bisa melihat aad satu pintu lagi di bagian dalam. Pintu itu memiliki akses ke atas atap ka’bah. Pintu itu sendiri terbuat dari emas dan dilengkapi dengan kunci tersendiri.

  1. Gantungan di Tengah

Jika sahabat melihat di tengah langit-langit bagian dalam ka’bah, terdapat banyak gantungan. Benda-benda tersebut merupakan hadiah-hadiah dari raja dan penguasa-penguasa.

  1. Dinding Marmer

Dinding bagian dalam ka’bah terbuat dari marmer dengan dominan warna hijau. Dirancang oleh Raja Fah di tahun 1996 termasuk dengan langit-langit marmer dan ketiga pilar yang terbuat dari kayu jati Burma.

  1. Tanda Shalat Rasullah

Di salah satu lantai terdapat tanda marmer putih terbentang. Marmer tersebut merupakan tanda bahwa Rasullah sering shalat di bagian marmer tersebut.

  1. Al Mutazam

Merupakan tempat antara hajar aswad dengan pintu ka’bah. Diyakini merupakan tempat yang mujarab untuk berdoa.

  1. Lemari di Tengah Tiang

Di antara ketiga tiang kayu jati, terdapat lemari marmer. Isi lemari tersebut banyak ditemukan wewangian dan perlengkapan untuk membersihkan ka’bah.

Sekarang sahabat sudah mengenal 8 bagian terpenting di dalam ka’bah. Pasti makin penasaran ya ingin segera berkunjung? Arfa doakan semoga sahabat segera mendapat undangan sebagai tamu Allah. Arfa tours siap mengantarkan sahabat dan amanah dalam menjaga titipan sahabat sampai sahabat ke Baitullah.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id