Ternyata di Bawah Mesjid Nabawi Ada Ruang Rahasia, Apa Isinya? Mari kita Telusuri

Kategori : Tips, Ditulis pada : 12 Februari 2023, 09:26:31

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Umat Islam pasti mengenal masjid nabawi. Masjid yang menjadi sorotan utama setelah ka’bah ini dikenal sebagai tempat mujarab untuk berdoa. Selain itu, masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena di sana terdapat makam Rasullah, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Tentu saja masjid nabawi menjadi destinasi utama bagi jamaah umroh atau haji. Mereka ingin mengunjungi tempat ini karena ingin melihat dari dekat makam Rasullah dan kedua sahabatnya itu. Namun, apakah sahabat mengetahui bahwa ternyata masjid kebanggaan kaum muslimin ini menyimpan rahasia di bawah tanahnya? Yuk, kita telusuri.

Fakta Bangunan Masjid Nabawi

Terletak di Madinah, masjid nabawi merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Rasullah.  Di zaman Rasullah, area masjid nabawi merupakan lahan kosong dengan ditumbuhi banyak pohon kurma. Masjid nabawi juga merupakan tempat pemberhentian unta Rasul ketika tiba di Madinah. Terbayang kan nilai sejarah masjid ini begitu tinggi?

Pada tahun 1909, Kerajaan Ottoman membawa listrik di jazirah Arab. Dan masjid nabawi merupakan tempat yang pertama kali dialiri listrik. Jadi, masjid nabawi mendapat kehormatan karena menjadi tempat yang pertama kali dialiri oleh listrik.

Di Bawah Tanah Masjid Nabawi

Zaman berganti, begitu banyak kejadian yang dialami oleh masjid nabawi sepeninggal Rasul dan Sahabat-sahabatnya. Salah satu kejadian adalah usaha pencurian jasad Rasul dengan cara menggali tanah menuju makam Rasul. Alhamdulillah usaha tersebut berhasil terbongkar dan diantisipasi oleh pemerintah yang berkuasa saat itu. Allah melindungi Makam Rasul dan kedua Sahabatnya.

Di era modern saat ini ternyata di bawah tanah masjid nabawi dibangun suatu tempat untuk menyimpan benda-benda kuno zaman Rasul dan setelahnya. Keberadaan museum ini tidak diketahui oleh orang banyak dikarenakan mungkin alasan keamanan.

Tidak sembarang orang juga dapat memasuki area bawah tanah masjid nabawi ini. Lalu, apa saja yang terdapat di dalamnya?

Koleksi Museum

Jika sahabat beruntung dapat mengunjungi museum tersebut, sahabat akan mendapat banyak koleksi peninggalan-peninggalan era Rasullah dan sesudahnya seperti mushaf Al quran yang terbuat dari pelepah daun kurma atau ditulis di tulang-tulang unta.

Selain mushaf Al quran dari masa ke masa, sahabat juga bisa melihat benda-benda seperti gunting, cangkir, alat penyimpanan peralatan tulis dan stempel yang digunakan pada masa itu.

Salah satu bagian yang menarik adalah disimpannya alat-alat untuk pengolahan emas, dan disimpan pula potongan-potongan emas yang akan diolah. Semua koleksi tersebut tersimpan rapi di dalam sebuah kaca kedap udara dan dilabeli dengan Bahasa Arab.

Nah, menarik ya sahabat? Tenang saja, Arfa mendoakan sahabat agar segera bisa berkunjung ke Baitullah dan bisa melihat langsung museum yang Arfa ceritakan di artikel ini. Arfa siap menjaga amanah sahabat yang ingin segera umroh atau pergi haji karena Arfa sudha berpengalaman dalam mengantarkan jamaah sampai ke Baitullah. Aamiin.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id