Bukan Main, Ternyata Ini Manfaat Ibadah Umroh

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 27 Februari 2023, 12:56:59

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Jika ditanya minat umat Islam di seluruh dunia dalam mengerjakan ibadah umroh dan haji, maka sahabat akan mendapati seluruh umat muslim ingin menjalani ibadah tersebut. Ibadah haji dan umroh memang mendapatkan tempat yang sangat istimewa sebagai rukun Islam.

Seperti yang sahabat sering dengar, banyak kalangan yang mengusahakan dengan cara yang halal untuk dapat berangkat ke tanah suci. Mulai dari menabung, menjual barang berharganya sampai sengaja membuka usaha agar mendapat keuntungan yang bisa digunakan untuk berangkat ke tanah suci.

Bicara soal umroh dan haji, semua kalangan merasakan pengalaman yang sangat istimewa ketika berada di tanah suci. Sebagai tamu Allah, sahabat pasti akan merasakan pengalaman-pengalaman yang dapat menambah tebalnya iman sahabat.

Bukannya tidak ada maksud ibnadah haji dan umroh diperintahkan oleh Allah. Berbagai manfaat bisa sahabat rasakan sepulang dari ibadah haji dan umroh. Apa saja manfaat tersebut? Kali ini Arfa akan mengajak sahabat untuk mengetahui beberapa manfaat yang dirasakan setelah pulang dari ibadah umroh. Yuk, kita simak.

Manfaat dan Kelebihan Umroh

Tentu saja di dalam hati sahabat pasti bangga dan haru ketika dipilih oleh Allah untuk menjadi tamu-NYA di tanah suci. Namun jangan sampai rasa tersebut mendatangkan kesombongan. Kelebihan ibadah umroh antara lain:

  1. Menjadi Tamu Allah

Pangkat yang disematkan sangat membuat hati bangga. Tamu Allah. Siapa yang tidak mau mendapatkan predikat tersebut? Dengan sahabat menjalankan ibadah umroh dan haji maka sahabat disebut sebagai tamu Allah. Selain haji dan umroh, yang dianggap tamu Allah juga berlaku untuk mereka yang berhaji dan berperang.

  1. Dihitung Sebagai Jihad Bagi Mereka yang Lemah dan Wanita

Kamu hawa sanggat bangga dengan apa yang Allah berika untuk mereka ketika kaum hawa dan orang yang lemah secara fisik mau pun mental menjalani umroh. Pahalanya seperti orang yang sedang berjihad!

”Wahai Rasulullah, apakah kaum wanita juga diwajibkan untuk jihad? Rasulullah menjawab: Ya, mereka juga berkewajiban berjihad hanya saja tidak ada peperangan di dalamnya, yaitu melaksanakan haji dan umrah” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

  1. Umroh di Bulan Ramadan Seperti Menunaikan Haji

Bulan Ramadan memang bulan mulia, raja dari segala bulan, pemimpin bagi seluruh bulan. Jika sahabat melaksanakan ibadah umroh pada bulan suci ini maka sahabat ibadahnya setara dengan ber-haji.

  1. Menghapus Dosa dan Menjauhkan Kefakiran

Dalam Ibnu Majah, Umar R.A. meriwayatkan bahwa Rasulullah S.A.W telah bersabda yang artinya: ”Perturukanlah antara haji dan umrah, sebab seungguhnya berturut-turutnya antara haji dan umrah akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, seperti nyala api pada tukang besi yang menghilangkan kotoran dari besi.

  1. Dosa-dosa Dihapus

Dalam riwayat Al-Bukhari, Rasulullah S.A.W bersabda yang artinya: ”Antara satu ibadah umrah dengan ibadah umroh lainnya adalah pelebur dosa diantara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak mempunyai balasan kecuali surga.”

Ada pula hadist Rasulullah S.A.W yang berarti,

Siapa saja yang menunaikan ibadah haji lalu tidak berkata kotor, tidak berbuat fasik, dia seakan-akan kembali seperti bayi yang dilahirkan oleh ibunya (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, sahabat sudah tau yang sedikit manfaat dalam melakukan ibadah umroh. Masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang sahabat bisa rasakan setelah melakukan ibadah umroh karena Allah semata.

Sahabat mempunyai impian untuk bisa berangkat umroh dan haji? Terus berdoa dan berusaha. In sha Allah akan dimudahkan oleh Allah. Arfa Tours siap membantu dan menjaga amanah sahabat hingga kalian sampai ke tanah suci dan dapat beribadah secara aman dan nyaman.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id