Biaya Paket Haji Khusus Dibandrol Rp 123 Juta? Pahami Dulu Maksudnya

Kategori : Berita, Ditulis pada : 16 Maret 2023, 13:58:00

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Perjalanan haji dan melakukan aktivitas-aktivitas yang in Sha Allah akan meningkatkan iman kita merupakan idaman seluruh umat Islam. Kaum muslim seluruh dunia mempunyai impian melihat kabah secara lang sung atau berdoa di Masjid Nabawi.

Tentu saja untuk melaksanakan ibadah tersebut sahabat perlu menyiapkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit. Walaupun Arfa mempunyai Paket haji Murah untuk warga Bintaro, sahabat perlu mengetahui bahwa Kemenag dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) telah menyepakati setoran Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 8.000 USD dan jika dikonversikan ke rupiah sekita Rp 123 juta.

Jangan Salah Tanggap

Angka tersebut memang fantastis. Namun sahabat jangan salah tanggap terlebih dahulu. Biaya yang telah ditetapkan tersebut merupakan tanda kesiapan calon Jemaah Haji Khusus yang sudah mendapat tempat di daftar tunggu untuk berangkat di tahun berjalan.

Nah, prosesnya seperti ini. Setoran awal senilai 4000 USD agar mendapat tempat di daftar tunggu harus sahabat setorkan. Setelah melewati masa tunggu dan siap untuk berangkat, sahabat Kembali menyetorkan sebesar 4000 USD sebagai tanda bahwa sahabat memang sudah siap untuk berangkat ke tanah suci.

Biaya yang calon Jemaah haji setorkan tersebut akan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Selain dana setoran tersebut, sahabat masih mempuntyai kewajiban untuk melunasi harga paket travel yang sahabat pilih.

Jika sahabat berdomisili di Tangerang Selatan (tangsel) atau seputaran Bintaro, sahabat bisa menghubungi Arfa Tours untuk mengetahui harga paket haji khsusus 2023.

Setoran yang ada di BPKH nantinya akan dikembalikan kepada pihak PIHK, tentu saja setelah persyaratan secara administratif selesai dan dibebankan untuk biaya paket haji. Artinya, harga paket akan disubsidi oleh setoran tersebut.

Kemenag juga menyebutkan bahwa PIHK diizinkan untuk menjual harga paket di atas BPIH. Harapannya agar penyelenggara haji dapat memaksimalkan layanan mereka untuk para Jemaah di tanah suci sehingga mereka bisa beribadah dengan tenang, aman dan nyaman.

Yang perlu sahabat ketahui, PIHK mempunyai kewajiban untuk memenuhi kriteria-kriteria berikut:

  1. Hotel bintang 3-5, namun umumnya jemaah haji khusus menempati hotel bintang 5.
  2. Jarak hotel maksimal 1 km dari Masjidil Haram (Makkah) dan 700 meter dari Masjid Nabawi (Madinah).
  3. Maximal sekamar ditempati 4 orang.
  4. Menyediakan apartemen transit di Makkah menjelang dan setelah Wukuf.
  5. Maksimal berada di Tanah Suci 27 hari.
  6. Wajib menyediakan pembimbing dan pendamping dari PIHK setiap kelipatan 45 orang jamaah, serta dokter setiap kelipatan 90 orang jamaah.
  7. Dan lain sebagainya.

Memang, pada kenyataannya standar tersebut tidak akan mungkin dibandrol dengan harga 8.000 USD, namun tetap diberi harga 8.000 USD agar tidak berat bagi Jemaah dan PIHK.

Jika memang sahabat ingin menunaikan ibadah haji, Arfa tours sebagai layanan pemberangkatan haji selalu membuka pintunya lebar-lebar. Bagi sahabat yang berlokasi di tangsel dan seputaran Bintaro bisa datang berkunjung dan mengonsultasikan kebutuhannya kepada tim kami.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id