Sudah Siap Untuk Berangkat Umroh? Ini yang Harus Sahabat Siapkan Terlebih Dahulu

Kategori : Tips, Ditulis pada : 19 Januari 2023, 13:50:08

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Sudah impian setiap umat islam atau setiap muslim untuk bisa menjejakan kakinya di tanah suci Mekkah. Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang sering diidamkan oleh seluruh muslim. Berbeda dengan ibadah haji yang waktunya ditentukan hanya di bulan haji, ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja.

Walau pun berbeda waktu ibadahnya, namun Anda harus mempersiapkan sebelum berangkat umroh. Apa saja yang harus disiapkan? Yuk, simak penjelasan berikut.

Persiapan Mental

Selain biaya, persiapan mental merupakan faktor penting yang harus Anda perhatikan. Ibadah umroh Anda akan terasa maksimal jika Anda menyiapkan hal berikut:

  1. Niat

Nah, niat merupakan kunci diterimanya ibadah umroh yang Anda lakukan. Luruskan niat Anda semata-mata umroh untuk Allah saja. Jika Anda niat untuk traveling, lebih baik urungkan perjalanan umroh. Mungkin yang cocok untuk Anda lakukan adalah wisata religi.

Mantapkan niat umroh untuk beribadah dan fokus dalam melakukan tiap-tiap syarat umroh dengan sepenuh hati. Insya Allah umroh Anda akan maksimal.

  1. Memohon Taubat

Disarankan sebelum Anda berangkat umroh untuk meminta ampun dan bertaubat kepada Allah. Perjalanan umroh bukan perjalanan singkat yang bisa ditempuh hanya dalam sejam atau dua jam saja. Bertaubat juga bisa menjadikan ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar. Insya Allah.

  1. Perhatikan Tata cara Umroh

Agar Anda tidak mengalami kebingungan, pelajari dengan detail bacaan-bacaan dan tata cara umroh yang benar. Anda juga bisa mengikuti manasik umroh yang disediakan oleh Arfatravel. Silakan hubungi kami untuk mengetahui tata cara umroh yang lengkap dan benar.

  1. Lunasi Tunggakan

Lebih lapang dan fokus jika Anda tidak mempunyai tunggakan sebelum berangkat umroh. Sebisa mungkin lunasi tunggakan Anda agar ibadah umroh tidak diganggu dengan pikiran-pikiran melunasi hutang.

  1. Perbanyak Amalan

Lakukan amalan-amalan Sunnah agar Anda terbiasa dengan kebiasaan di tanah suci. Lakukan dengan ikhlas dan rutin.

Persiapan Fisik Juga Penting

Selain persiapan mental, hal lain yang sangat penting yaitu persiapan fisik. Jangan sampai mental Anda sudah siap tapi fisik tidak mendukung. Sangat disayangkan. Berikut ini hal yang harus dipersiapkan untuk melatih fisik Anda.

  1. Olahraga

Mengelilingi ka’bah membutuhkan fisik yang prima. Nah, untuk mendukung kegiatan tersebut Anda bisa melatih fisik dengan jalan-jalan atau lari-lari kecil di pagi hari seputaran komplek rumah Anda.

  1. Jaga Kebugaran Tubuh

Bagi yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok atau begadang, lebih baik sesegera mungkin dihentikan. Perhatian kondisi kebugaran tubuh. Mulai lah mengonsumsi asupan-asupan yang bergizi dan hindari makanan atau minuman yang dapat merugikan kesehatan Anda. Sangat tidak mengenakan jika Anda berada di tanah suci namun harus beristirahat karena sakit.

  1. Lengkapi Dokumen

Karena umroh ada di negara lain, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen penting agar tidak terjerat masalah dengan pihak keamanan di tanah suci. Silakan hubungi Arfa Travel untuk mengetahui informasi apa saja yang harus disiapkan terkait pemenuhan dokumen.

  1. Informasikan Sanak Saudara

Berikan informasi terkait keberangkatan umroh Anda ke sanak saudara. Hal ini dapat menambah wawasan tentang keadaan di tanah suci jika sanak saudara Anda sudah ada yang pernah umroh.

Pastikan Jasa Umroh Anda Terpercaya

Selain itu, pastikan Anda memakai jasa umroh yang sudah berpengalaman dalam mengantarkan umroh atau haji. Arfa Travel sudah memiliki pengalaman dan dipercaya dalam mengantarkan para jamaah umroh sejak tahun 1998. Pintu kami selalu terbuka untuk memberikan informasi terkait mengenai umroh dan haji. Arfa Travel menjunjung tinggi amanah ibadah umroh Anda sebagai modal utama layanan kami.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id