Umroh dan Haji, Apa sih Bedanya? Intip Penjelasannya Berikut

Kategori : Edukasi, Ditulis pada : 26 Januari 2023, 10:09:13

Umroh dan Haji, Apa sih Bedanya? Intip Penjelasannya Berikut

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Sebagai seorang muslim pasti mengetahui bahwa rukun Islam ke lima adalah pergi haji bila mampu. Memang, untuk menunaikan rukun islam tersebut dibutuhkan persiapan yang tidak bisa diremehkan. Seperti yang Sahabat Arfa baca di artikel sebelumnya, bahwa untuk menunaikan umroh dan haji selain persiapan keuangan, sahabat juga dituntut untuk menyiapkan faktor-faktor krusial lainnya. Namun, di artikel kali ini Arfa tidak membahas lagi persiapan tersebut.

Selain ibadah haji, seorang muslim juga dianjurkan menjalankan ibadah umroh. Ibadah ini juga mempunyai nilai yang penting dan dianjurkan oleh para ulama untuk dilakukan. Namun, apakah Sahabat Arfa sudah mengetahui perbedaan antara ibadah haji dan umroh? Yuk, kita bahas.

Haji dan Umroh

Perbedaan ibadah haji dan umroh terletak pada hokum, waktu pelaksanaan, rukun serta jangan lupakan persiapan fisik. Walau pun sebenarnya tidak jadi soal juga jika Sahabat Arfa hendak melakukan ibadah umroh namun menyiapkan fisik seperti ingin melakukan haji.

Jika Sahabat Arfa melihat dari penjelasan di atas, berarti ibadah haji mempunyai aktivitas yang lebih berat dibandingkan dengan ibadah umroh. Namun, niat dan tujuan tetap sama yaitu ikhlas karena Allah mengunjungi ka’bah untuk ibadah.

Jadi intinya seperti ini Sahabat Arfa, haji itu diambil dari Bahasa Arab al-hajju yang berarti al-qashdu jika kita artikan ke Bahasa Indonesia artinya: sengaja.

Jika kita panjangkan ke hukum agama haji bisa diartikan dengan sengaja dan berniat untuk mengunjungi ka’bah dengan niat beribadah.

Baik sahabat Arfa. Haji berarti artinya niat datang ke Mekkah untuk berniat ibadah, lalu bagaimana dengan umroh?

Umroh diartikan dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi ziarah. Jadi, Sahabat Arfa dengan niat datang untuk ziarah ke Ka’bah untuk Allah semata. Sudah dapat inti perbedaan haji dan umroh ya Sahabat Arfa?

Jika kita rincikan perbedaan haji dan umroh akan seperti berikut ini:

Hukum

Haji seperti yang disebutkan dalam rukum Islam yang ke lima adalah wajib. Hal ini juga sudah Allah jelaskan di Al Quran surat Q.S Ali-Imran ayat 97 berikut:

فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya:”Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”

Kewajiban haji juga dibahas di dalam hadits yang menerangkan jika mampu haji wajib dilakukan sekali seumur hidup. Bagaimana dengan umroh? Terdapat perbedaan pendapat diantara ulama mengenai umroh, sebagian berpendapat bahwa umroh hukumnya Sunnah dan sebagian lagi berpendapat umroh juga mempunyai hukum yang sama dengan haji yaitu wajib.

Rukun

Memang, aktivitas haji dan umroh mempunyai alur dan syarat-syaratnya masing-masing. Jika Sahabat Arfa ingin mengetahui seperti apa aktivitas kedua ibadah tersebut secara rinci silakan untuk menghubungi Arfa Tours. Mari kita bahas tentang aktivitas haji terlebih dahulu.

Haji mempunyai rukun yang disebut dengan rukun haji. Aktivitas rukun haji tersebut mengandung unsur-unsur ihram, wukuf, tawaf, sai, tahallul, dan tertib. Bedanya dengan umroh hanya mengandung ihram, tawaf umrah, sai, dan tahallul.

Umroh juga tidak melakukan aktivitas wukuf layanya ibadah haji.

Waktu Pelaksanaan

Tentu Sahabat Arfa sudah banyak yang paham jika ibadah haji hanya dilaksanakan pada bulan haji. Waktu pelaksanaan tersebut sudah diatur oleh hukum-hukum Islam dan biasanya dilakukan sekali dalam setahun antara bulan Syawal hingga hari raya Idul Adha.

Sedangkan umroh dapat dilakukan kapan saja.

Lokasi atau Tempat Pelaksanaan

Perbedaan tempat haji dan umroh terletak pada miqat. Miqat yaitu batas Sahabat Arfa diizinkan untuk melafadzkan niat atau tidak berniat. Jika sahabat Arfa kurang jelas soal miqat ini, silakan hubungi Arfa Tours untuk mendapatkan informasi detilnya.

Intinya seperti ini: ibadah haji dilaksanakan mulai dari miqat – Mekkah (Masjidilharam) – Arafah – Muzdalifah – Mina. Sedangkan umrah meliputi miqat – Mekkah (Masjidilharam). Tawaf dan sai untuk umrah dilaksanakan di Madjidilharam.

Nah, Sahabat Arfa sudah mengetahui secara singkat perbedaan haji dan umroh. Jika Sahabat ingin mengetahui lebih detil dapat menghubungi nomor yang tertera pada website ini. Alfa Tours sudah dipercaya menjaga amanah Sahabat hingga ke tanah suci.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id