6 Syarat Umroh yang Harus Dipahami Bagi Sahabat yang Pertama Kali Menjalaninya

Kategori : Tips, Ditulis pada : 26 Januari 2023, 15:38:47

Assalamualaikum Sahabat Arfa,

Bagi Sahabat Arfa yang baru pertama kali dan sedang menunggu untuk berangkat umroh, tentu saja hal tersebut merupakan kebahagiaan untuk setiap muslim. Namun, sahabat juga harus bersiap dan mengetahui syarat umroh agar ibadah umroh sahabat lebih maksimal.

Selain memerhatikan hukum-hukum negara Arab Saudi dan persiapan menghadapi cuaca di sana, Sahabat Arfa juga harus memenuhi 6 syarat umroh berikut. Apa saja syaratnya? Yuk, kita simak.

Syarat Wajib Umroh

Allah SWT telah mengatur semua hukum-hukum agar manusia dapat menjalaninya. Terlebih hukum ibadah termasuk umroh. Syarat berikut merupakan ketentuan mutlak yang harus terdapat pada diri Sahabat Arfa sebelum melakukan ibadah umroh.

  1. Islam

Sudah pasti harus dan wajib beragama Islam. Bagaimana jika non-muslim yang sedang ingin mempelajari tentang Islam dan berniat untuk umroh agar diperkuat keyakinannya berpindah ke Islam? Saran saya lebih baik ucapkan kalimat syahadat terlebih dahulu dan mempelajari ibadah-ibadah wajib lainnya terlebih dahulu.

Jadi, sudah sangat jelas dan diwajibkan untuk siapa pun yang ingin melaksanakan umroh harus dan wajib sudah beragama Islam.

  1. Akhil Baligh/Dewasa

Apabila seseorang sudah dewasa secara fisik dan bisa membedakan baik dan buruk berarti dia sudah dinyatakan akhil baligh. Orang tersebut berhak melakukan ibadah umroh. Namun, buka berarti anak-anak yang belum akhil baligh tidak boleh berangkat umroh. Boleh kok. Anak-anak tetap diperbolehkan untuk melakukan umroh, tapi untuk diingat, umroh yang dilakukan saat masih anak-anak tidak bisa menggantikan umroh disaat dewasa nanti. Artinya, jika sudah akhil baligh dan dewasa, anak tersebut masih terkena hukum wajib umroh.

  1. Mempunyai Akal Sehat

Artinya, tidak sedang perawatan kejiwaan dan mengalami gangguan jiwa yang akan berdampak pada tidak sah-nya ibadah diri sendiri dan merugikan ibadah orang lain juga. Dianjurkan agar memantapkan niat semata hanya untuk Allah dan tidak ada niat lainnya.

  1. Merdeka

Setiap orang yang ingin menjalani umroh harus dipastikan bahwa mereka sedang tidak dalam perbudakan. Artinya, mereka bebas untuk menentukan jalan dan tujuan mereka sendiri. Apakah bekerja kantoran termasuk dalam kategori ini? Tidak. Kerja kantoran terdapat perjanjian saling tukar antara Sahabat Arfa dengan instansi Sahabat bekerja, jadi Sahabat Arfa yang bekerja kantoran diperbolehkan melakukan ibadah umroh.

  1. Mampu

Mampu di sini berarti sanggup secara finansial dan fisik. Baiknya, Sahabat konsultasikan kepada Rfa Tours bagaimana menyiapkan dana yang tepat agar bisa segera berangkat umroh.

  1. Perempuan Tidak Diizinkan Berangkat Sendiri

Bagi Sahabat Arfa yang perempuan syarat mutlaknya yaitu harus ditemani oleh mahramnya. Tidak diizinkan untuk berangkat sendiri untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di sana.Bagaimana jika sudah tidak mempunyai mahram?

Silakan sahabat menunjuk kerabat perempuan, saudara atau teman perempuan sahabat.

Nah, sudah paham belum syarat untuk umroh? Arfa tours sudah berpengalaman dalam memberangkatkan ummat untuk umroh atau haji dan pintu kami terbuka lebar untuk Sahabat Arfa kapan saja sahabat membutuhkan bantuan untuk memberangkatkan sahabat ke tanah suci.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id